Monday, April 18, 2011

Nissan Computer Vs Nissan Motor Co

 
Hai Panda Lover..
Disini aku mau menjawab beberapa pertanyaan dari kasus Nissan.com,, tapi aku ga kasih detil cerita casenya disini yaa, jadi para pembaca blog setiakuuu, bisa mendapatkan case-nya di media pencari informasi yaa :) contohnya google... so kita langsung aja yuk menjawab pertanyaan nya :) :) mudah"an panda lover lainnya setuju yaaa sama pendapatkuuu :D :D :D

1.       Tentu saja Nissan Motor Co. sangat mementingkan kedua nama domain tersebut yaitu Nissan.com dan Nissan.net, kedua nama domain tersebut sangat identik dengan brand mobil Nissan, yang mana jika konsumen mendengar ataupun melihat kata Nissan maka pikiran mereka langsung tertuju kepada brand sebuah mobil, karena brand mobil ini sudah sangat dikenal oleh penduduk di seluruh dunia. Maksud dari Nissan motor ini sendiri yaitu mereka tidak mau memberikan kebingungan pada konsumennya, yang mana jika konsumennya ingin mencari informasi brand mobil Nissan di internet dan hanya mengetik Nissan.com atau Nissan.net (biasanya itu merupakan nama domain kebanyakan yang digunakan yaitu nama brand lalu belakangnya hanya ditambah .com ataupun .net), konsumen akan merasa bingung karena mereka ingin mencari informasi mobil dan ternyata yang muncul adalah informasi prodak computer.  Nissan Motor Co  tentu saja sangat peduli dengan nama domain website ini karena semakin berkembangnya zaman dan teknologi, para penduduk duniapun semakin marak menggunakan internet, mereka mencari semua informasi yang dibutuhkan melalui media internet maka website merupakan salah satu marketing tool yang sangat penting. Nissan Motor Co tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperkenalkan dan memasarkan prodaknya pada setiap jalur media (ex : internet, majalah, pameran), dengan adanya dua nama domain yang membingungkan konsumennya ini maka Nissan Motor co merasa kehilangan peluang untuk menjual prodak mereka dan diasumsikan sangat merugikan bagi mereka.
Menurut saya tuntutan Nissan Motor Co sebesar $10 juta kepada Nissan Computer sangat tidak adil dan terlalu dibesar-besarkan. Sebaiknya permasalahan kepemilikan nama domain ini diselesaikan dengan baik-baik, dibicarakan dan diambil jalan tengahnya, karena disini saya melihat Nissan Computer tidak bersalah karena lebih dahulu mendaftarkan nama domain tersebut dan tidak bermaksud mengambil keuntungan dari nama besar yang dimiliki Nissan Motor Co, melihat prodak yang ditawarkan pun berbeda, lain halnya bila prodak yang ditawarkan sama. Tuduhan dengan Anticybersquatting Consumer Protection Act kepada Nissan Computer sebaiknya dibuktikan terlebih dahulu oleh Nissan Motor Co apabila benar-benar mengalami kerugian hampir $ 10 juta, agar tuntutan yang diberikan pun memiliki kejelasan yang nyata.
2.       Uzi Nissan sebagai pemilik Nissan Computer tidak dapat dikatakan melanggar etika e-commerce karena dia meregistrasikan kedua nama domain tersebut dengan maksud untuk menjual perangkat komputer dan menawarkan jasa ISP secara on-line. Uzi Nissan hanya mengambil nama keluarganya dan meregistrasikan nama tersebut untuk dijadikan nama pada domain-nya. Prodak yang ia tawarkan kepada konsumen memiliki perbedaan dengan Nissan Motor co karena uzi Nissan menawarkan perangkat computer, yang mana masing-masing memiliki perbedaan target market, sehingga nissan computer tidak bermaksud untuk mengambil keuntungan maupun mengambil konsumen dari Nissan motor co, berbeda halnya jika keduanya bergerak dibidang yang sama (otomotif).
3.       Nissan Motor Co merasa dirugikan dengan adanya 2 nama domain dari perusahaan lain (Nissan computer) yang memiliki kesamaan nama dengan perusahaanya. Saya menilai tindakan Nissan motor co dalam melakukan tuntutan sangatlah wajar tetapi isi tuntutannya yang tidak wajar. Disini Nissan Motor Co memikirkan pelayanan terhadap konsumennya (customer satisfaction) maka mereka tidak ingin memberikan kebingungan kepada konsumennya ketika konsumen ingin mencari informasi mobil dan ternyata yang muncul adalah informasi prodak computer. Nissan Motor Co pun tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperkenalkan dan memasarkan prodaknya pada setiap jalur media. Nissan Motor Co berpikir bahwa brand yang mereka miliki sudah sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga mereka berasumsi bahwa Nissan computer sengaja menggunakan 2 nama domain tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari brand besar Nissan Motor co. Disini saya melihat kelalaian yang dimiliki Nissan Motor Co yaitu pada saat semua nama domain Nissan masih available, mereka tidak mendaftarkan brand-nya sebagai nama domainnya, seharusnya Nissan Motor Co sebagai perusahaan besar sudah dapat memperkirakan bahwa kemajuan teknologi (internet user) akan semakin berkembang yang berperan penting dalam marketing prodaknya.
4.       Menurut saya keputusan yang diberikan pengadilan dalam kasus ini, merupakan keputusan yang adil dan terbaik bagi kedua belah pihak. Nissan Computer akan mengalami kerugian yang besar apabila nama domain tersebut tidak lagi menjadi miliknya, karena Nissan computer melakukan penjualan melalui website tersebut. Pada awalnya Nissan Motor Co memasarkan prodaknya di United States dengan menggunakan nama Datsun, terbukti jelas jika Nissan Computer tentu tidak mengambil nama dari Nissan Motor Co. Berbeda halnya dengan Nissan motor Co, mereka dapat melakukan penjualan secara lebih luas melalui berbagai sarana media tidak hanya tergantung pada penjualan on-line saja. 

 Nah itu semua pendapatku tentang case ini, mudah"an bermanfaat yaaa... cheerssss :* :*

    

No comments:

Post a Comment